BEHIND The Scene KJI 2014

Behind The Scene…KJI 2014
Part I


Logo KJI Ke-10 UMM
Kompetisi Jembatan Indonesia atau yang sering disebut KJI yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat atau DIRJEN DIKTI. Pada tahun 2014 kemarin diselengarakan Kompetisi Jembatan Indonesia yang ke 10 bertempat di Universitas Muhamadya Malang. Suatu kebanggaan dan kebahagiaan tertinggi bahwasanya saya berkesempatan menjadi bagian dari Event Terakbar bagi seluruh mahasiswa dari jurusan Teknik Sipil baik dari PTN maupun PTS seIndonesia. Pada kesempatan ini saya mau berbagi cerita susah, sedih, senang dan masih banyak lainnya rasa yang sulit dideskribsikan melalui kata-kata.


          Flash back sejenak mengenai KJI, Jika ditanya KJI…? Yang ngakunya mahasiswa sipil PASTI TAU. Mahasiswa mana yang tidak berkeinginan untuk terlibat didalamnya sudah pasti tidak ada.. Intinya saya sangat bersyukur bisa diberi kesempatan merasakan iklim kompetisi ini. Perkenalan saya dengan KJI dibuka pada awal saya masuk kuliah namun pada saat itu saya belum berkesempatan ikut menjadi tim Suporter dalam KJI ke-8 di Institut Teknologi Sepuluh November atau ITS di Surabaya. Saat itu sebagai mahasiswa yang masih emak-emakan ah itu lho bahasa lain dari Home Sick…hahah :-D  Akhirnya saya lebih memilih pulang kampung daripada ikut menjadi Tim Suporter Kontingen UM.. ya sempat nyesel sih… Tapi ah sudahlah. Singkat cerita akhirnya saya masuk dalam organisasi pertama selama saya mendapat gelar mahasiswa yaitu organisasi yang terkenal menelurkan Juara2 dalam KJI dan KBGI yaitu Organisasi CreMONA Galeri workshop mahasiswa teknik sipil Universitas Negeri Malang. Besuk ada bagian sendiri mengenai cerita saya selama bergabung dengan CreMONA Galeri….sekarang kembali Ke KJI KBGI.

          Akhirnya tahun Ke-2 yaitu saat KJI ke-9 yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang saya berkesempatan menjadi bagian dari Tim Observasi, tim observasi ini sebutan lain dari tim suporter. Pada saat inilah motivasi dan minat saya untuk mengikuti event ini muncul. Salah satunya adalah prestasi yang ditorehkan kontingen UM yang berhasil meraih Juara 1 Jembatan Kayu Pejalan Kaki selamat ya Kalian Luar Biasa..hahah :-D jadi kangen pesta kemenangan kemarinn… heheh. Itu adalah cerita perkenalan saya dengan KJI. 

Dok. Pribadi Saya (kanan) dan Yogie KJI-9 UB

          Setelah even KJI ke-9 itu saya dan teman saya satu kelas berencana membentuk TIM untuk kategori Jembatan Kayu Pejalan Kaki. Awalnya kami berangotakan 3 orang yaitu Saya (Moh. Faisal Faris), Yogie Ervanata dan Arswendy Primadianto. Kami telah sepakat untuk meyusun KJI Kayu sejak saat itulah kami kemana2 bersama. Bahkan saya dan teman saya Arswendy cari kontrakan biar tiap hari bisa kumpul hhah :-D dan akhirnya sampai saat ini kami bersama (Cie Anak Kontrakan Flamboyan). Kami masih kebinggungan untuk anggota satunya…Bahkan kami sempat berencana beralih menyusun KBGI saja yang anggota timnya 3 orang. Akhirnya sekitar 2 minggu sebelum TOR turun Yogie merekomendasikan si Fahmi, saya pribadi sudah tidak asing lagi dengan Fahmi bahkan sudah kenal sejak awal karena sama2 anak BM. Akhirnya Azwar Pahmi bergabung dengan Tim ini…selamat bergabung kak fahmi..hahah :-D Sejak saat itu lah kami kemana2 bersama… Sambil menunggu pengumumna Turunnya TOR dan tema KJI ke 10 kami membuat grub d FB untuk sekedar curhat2an, ngrumpi dll…. Grub gila untuk menambah keakraban masing-masing anggota. Soalnya saya masih ingat betul pesan dari Mas dika “Anggota Tim Iku Kompak Penting”. Siappp mass LAKSANAKAN…hhehe

         
       Waktu yang ditunggu akhirnya tiba,,, TOR pun turun dan alangkah terkejutnya ternyata tahun ini pada KJI ke-10 kategogori jembatan kayu rangka kayu pejalan kaki ditiadakan….. Oh My God… MAU DIBAWA KEMANA Ini semua..? Sempatlah dinamika kelompok keluar ada yang mengusulkan kita beralih kebaja, ada rencana kita dipecah untuk kategori jembatan busur…..dan setelah bertapa selama 24jam.. Negosiasi berakhir dengan kata sepakat untuk menyusun KJI kategori baru yaitu Jembatan Beton Ringan  Bertulang Bambu Pejalan Kaki……Jujur saja kita sempat minder bahkan hampir 2 minggu awal setelah kita memutuskan mengundi nasib dikategori baru ini, Kami sangat amat binggung bahkan 1 minggu setelah hari raya kita langsung cuss kembali kemalang. Namun, setiap hari ngumpul pun masih NIHIL….Akhirnya kami mencari pencerahan ke Mas-mas (Kontrakan Pink) disana kami bertemu mas dika dan mas Ovi (Ini adalah guru besar kami heheh makasih banyak mas untuk seluruh Petuahnya). Saat itu kami disarankan untuk mencari dosen pembimbing terlebih dahulu saat itu Opsi Pertama adalah Pak. Karyadi beliau adalah dosen yang kemarin membimbing Tim KJI Jembatan Kayu dan berhasil meraih gelar Juara. Namun beliau justru menyaran kan kami untuk coba menghubungi bu.Nindyawati..Singkatcerita bu Nindy (Sapaan akrab dari bu.nindya) bersedia dan kami pun dibimbing dengan sepenuh hati. Terimakasih ya bu… (Ada cerita saya bersama bu.nindy dan kawan2 saat PKM – M di Tulungagun ditunggu ya, Insa’allah juga saya sempatkan untuk share kekalian)

          Alhamdulilah Tim dapat dan pembimbing pun sudah ada.. Singkat cerita saya dkk mulai menyusun proposal rancangan jembatan. Jembatan kami bernama Jembatan JARIK LURIK (Jembatan Awet RIngan Kokoh Laminasi bambU oRI terKekang) ada cerita dibalik nama jembatan ini. Nama jembatan ini saya peroleh pemberian dari sahabat saya yaitu Wiliss Yoga Utama ,,,Thanks ya sob… Untuk nama tim kami sepakat member nama D’CreMONA Tim. CreMONA sendiri merupakan tempat kita yang kita selalu nyaman didalamnya. Nama CreMONA adalah salah satu apresiasi kita terhadap rumah yang telah kita huni selama ini. Terimakasih dulur Cremona.. J Dan untuk ketua TIM Sahabat saya Yogie Ervanatalah yang terpilih menjadi kepala suku hehe//// Inilah personil dari D’CreMONA TIM …. Saya mulai dari pembimbing

Pembimbing Tim
Bu.Nindy

Nama      : Dr. Nindyawati, S.T., M.T
NIP        : 19740425 199803 2 003
TTL        : Malang, 25 April 1974
Alamat    : mertojoyo C-4 Malang

     Pembawaannya kalem, ramah dan yang jelas baik hati. Kami benar-benr merasa diopeni lah kalau dalam bahasa Indonesia apaya..? Intinya beliau menjadi dosen pembimbing benar-benar membimbing. Sanggat peduli dengan kami, bahkan pernah saat kami mengalami kendala apa misalkan saat pengecoran bahkan saat itu malam2 langsung mendampingi dilapangan. Masih banyak cerita tentang keseriusan dan komitmen beliau untuk membimbing kam… Banyak pengetauhan baru yang saya peroleh selama menjadi mahasiswa bimbingan beliau. Beliau merupakan salah satu orang hebat dibidang beton ringan dengan tulangan bambu. Saya sangat bersyukur bisa dibimbing beliau….Terimakasih Bu.Nindya.

Nama      : Yogie Ervanata
Yogie Ervanata
TTL        : Malang, 12 Januari 1994
Alamat    : Ds. Bedrug Kec. Pulung Kab. Ponorogo
Link FB   : Yogi.Ervanata
    
     Ini dia  ketua Tim Mas Yogie (als. Giyo Tukang Renderr) dalam tim selain sebagai ketua tim pemilik zodiac Capricorn ini adalah master gambar dari tim ini (tentunya selain ms.Fahmi) Tapi saya tetep salut yogg dengan keseriusan mu belajar desai…Lanjutkan Sobb (Y) Sepesial bukan anak IPS masuk teknik sipil dan desainya wuih…TOPP dah. Segala urusan tetek mbengek yang berkaitan dengan gambar dia penaggung jawabnya. Saya akui desain railing dan gapura bali puputan pada jembatan JARIK LURIK gila brooo KERENN…. Satu pelajaran penting dari kejadian kemarin  pesen saya ke kamu yogg,, Pelaksanaan Tak semudah  ngambare ya mass,, hahah :-D Sampai2 keliling malang raya cari tempat buat relingnya dan gapura ngk ada yang mampu mengerjakan.. Namun tetep yogg jan terbaik desainmu.. Orang dengan cirri khas rambut tusuk satenya ini adalah salah satu actor intelektual dibalik terbentuknya tim ini sudah pantes lah kalau jadi KETUA SUKU… ada satu lagi aibnya yang saya tau…dia mau ninggalin KJI karena Pacarnya REWEL hahah :-D Jan setia tenan yogg awakmu kie J aku terharuu . Tapi sebenernya alasanya dia mau lepas KJI bukan semata-mata karena itu tapi karena dia merasa daripada tidak bisa berperan banyak terus dia Galau deh……Tenag yogg…ada kita, awkmu gak dewe lee…semangat.

Azwar Pahmi
Nama      : Azwar Pahmi
TTL        : Banyuwangi, 14 Juni 1994
Alamat    : Ds. Lembah Bang Kulon Kec.Singgojuruh
                Kab. Banyuwangi
Link FB   : Fahmi.Villa.

     Anak Osing ini adalah anggota yang paling terakhir gabung dan dari Ofering sebelah (Maklum Anggota yang lain off B) hahaha…nggak rassis mii. Azwar Pahmi (kak Fahmi Tukang Ngitung). Makhluk yang satu ini adalah ANGEL dalam tim ini… Entah karena malu, atau sungkan tapi bener2 cool…Gue suka gaya loe. Pemilik siho anjing ini (eh map broo gue gak maksud ngatain loe ya hahah piss damai) ini paket komplit ibarat nasi goring bisa diposisikan dimana  saja. Emang nasi goring posisinya dimana..? hahah. Mas.fahmi adalah stabilisator dari tim ini. Satu aibnya yang saya tahu dia dibelain gak mandi trus baju gak ganti, baju compang -camping terus tiap hari ke H5 nemui pak marji atau pk kriss ya..? Demi apa coba Demi keberlangsungan Hidup Kontingen KJI&KBGI 2014.. Good JOB mii… Masih bahas aibnya dia pernah ngancem pimpinan bagian keuangan H5 kurang lebih kalimatnya gini “yaudah pak kalu ngk ada dana, kita nggak usah berangkat biar UM didiskualifikasi dan tahun depan d black list” hahah :-D Eh tenang kenapa mas Fahmi seperti itu,,,? Ternyata ini wujud tanggungjawabnya sebagai ketupel KJI&KBGI… Salut sama mas fahmi semangat mass…

Nama      : Arswendy Primadianto
Arswendy P

TTL        : Madiun, 04 Juni 1994
Alamat    : Ds. Mojorayung Kec.Wungu Kab. Madiun
Link FB   : Arswendy.Primadianto
    
     Arswendy Primadianto (Wendy, Wendor, Pelaksana Lapangan). Orang yang satu ini menengan alias pendiam lebih suka langsung action..hahah :-D cocok dijadikan motor pengerak saat pelaksanaan. Selain itu mental bertanding dari anak ini luar biasaaa bung. Dia sudah nggak ada istilahnya demam panggung jan josst.. Kenapa demikian pemegang sabuk apa ya hitam ae wesss…nek salah map weend lha sabukmu kalepe ireng nogg heheh. Pemegang sabuk hitam Judo juga sebagai atlit kab. Madiun jadi ngk asing lagi menghadapi iklim kompetisi yang kompetitif… Aibnya diawal saat penyusunan proposal dia kurang maksimal tapi semuanya dibayar TUNAI saat pelaksanaan over all dia yang bener2 tunjukin kekita. bahwa tidak salah memilih dia.. Selain itu mkhluk pengemar transaksi jual beli online ini juga canggih apa saja,, kayu, listrik, baja, ngecet semua bisa.. Yang paling berkesaan saat saya diajari ngecet gelagar jembatan baru kali ini pegang tabung cat..hhahha :-D sip broo. Bener – Bener real pelaksana… terimaksih ya kawan untuk keringatmu kemarin..

Nama      : Moh. Faisal Faris
Faisal Faris

TTL        : Tulungagung, 12 Oktober 199……?
Alamat    : Ds. Sumberdadi Kec.Sumbergempol Kab. Tulungagung
Link FB   : Moh. Faisal Faris

     Anggota terakhir dari tim ini yaitu saya sendiri,,nggak adil kalau saya mendeeskribsikan saya sendiri. Maka pada kesempatan ini saya akan mengungkapkan fakta yang belum pernah kalian ketauhi selama ini… Pertama, Katanya saya adalah anggota tertua dalam TIM ini… L

Kedua, Katanya saya anggota yang paling bacot,rame dan gila…KOmentatoor. Hahah kenyataannya iya. Dst



Pada intinya dari ke3 personil tim ini saya bertugas menjadi penyambung lidah rakyat dari aapa yang ada diotak diterjemahkan dalam bentuk tulisan (berarti saya tukang sulap) yapp benar seperti itu..hahah :-D

               Maaf Saya tidak membahas mengenai iSI dari rancangan jembatan kita. Langsung saja kesaat yang sangat membahagiakan bagi kami. Saat itu pas waktunya dengan acara CreMONA pelatihan apa saya lupa yang jelas malam hari. Disitu saya, yogie dan fahmi (untuk wendy dia tidak dapat berkumpul d forum itu kalau tidak salah seperti itu heheh…) Fahmi yang menjadi Ketua KJI & KBGI Kontingen UM pun tak henti2nya mencari informasi karena rencananya hari ini akan diumumkan siapa-yang lolos menjadi finalis dan lanjut ketahap pelaksanaan di Kampus UMM… Alhamdulilah,,, tim kami termasuk dalam daftar finalis KJI KBGI UMM 2014. 


Pengumuman KJI 2014


    Terimakasih untuk semua pihak yang terlibat dan berperan aktif dalam hal ini yang tertingaal dan tidak dapat saya sampaikan satu persatu. Terimakasih ……Jangan lupa 

Kontingen UM di UMM 2014
(dari kiri Fahmi, wendy, Niko, Setiawam, Alfan, Yogie,*saya* , Mas. Nanda dan Sari



Tunggu goresan pena orang gila ini Part II…. Semoga dapat menjadikan inspirasi bagi sesame..

Nah.. Ini dia kelanjutan cerita saya pada KJI-X baca juga episode selanjutnya......
Linknya ada dibawah ini..Monggo disimak..:-)


KJI - X Part I 
KJI - X Part II
KJI - X Part III
KJI - X Final Edition

Bye…Bye…Bye…

To Be Continous ….

BY: MFF


Comments

  1. Jan jost,mas faisal ����
    Tak nunggu kelanjutane.
    Soale masih to be continue. . .
    Ditarik sama launcher aja bung. (๑و•̀ω•́)و

    ReplyDelete
  2. Jan jost,mas faisal ����
    Tak nunggu kelanjutane.
    Soale masih to be continue. . .
    Ditarik sama launcher aja bung. (๑و•̀ω•́)و

    ReplyDelete
  3. terbaaaaaiiiiiikkkkk. !!!!! :-D:-D:-D:-D:-D:-D:-D:-D:-D

    ReplyDelete
  4. thanks you all
    uwes wend sampi part III
    tenang ndut aib mu akeh..bakal tak ekspos 1/1 haahaha :-D

    ReplyDelete

Post a Comment