Asiknya Ramadhan Sampai Lebaran

Marhaban ya ramadhan.....
Selamat menjalankan ibadah puasa bagi kalian yang melaksanakan. Tidak terasa sudah ketemu ramadhan lagi..alhamdulilah. Kali ini saya akan membawa kalian untuk bernostalgia dengan sesuatu yang dulu pernah spesial? Coba tebak.. apakah MANTAN Hahhaha. Bukan, kalau mantan biar didaur ulang sama yang teman. Ingat teman bukan sahabat wkwkwk. Karena sahabat tidak pernah makan mantan, kalau sahabat itu, levelnya ngembat gebetan. wkwkwk. Alhamdulilah, sahabat saya semuanya TIDAK ADA yang begitu, kalau pun ada mungkin dia sedang KHILAF. Sudah lupakan masalah embat mengembat ataupun tikung menikung. Biarlah mereka yang mempelajari MK.Perencanaan Geometrik Jalan yang belajar mengenai Tikung menikung. Kita mah apa atu . . .Baca ini saja postingan penting nggak penting dari saya.

Kalian pasti punya cerita yang beragam dari momen ramadhan sampai lebaran. Saya pun juga punya cerita yang mungkin sebagian dari kalian pernah mengalaminya. Momen unik dan menggelitik... Langsung saja ini dia momen yang akan membawa kalian bernostalgian saat ramadhan hingga lebaran....


1. Moment dan Fenomena Tahunan Saat Sholat Traweh

Momen istimewa yang hanya ada pada bulan romadhon yang pertama adalah sholat traweh. Inilah salah satu pembeda bulan ramadhan dengan bulan lainnya. Satu fakta yang selama ini sering kita jumpai yaitu fenomena masjid atau mushola yang penuh dengan jemaah. Bahkan tak jarang sampai ada yang sholatnya sampai di pelataran atau serambi masjid. Bandingkan dengan hari-hari biasa diluar bulan ramadhan. Alhamdulilah ramadhan memang bulan penuh berkah heheh...Bagi anak-anak seperti saya dulu, traweh adalah hal yang paling ditunggu-tunggu saat bulan ramadhan datang. kenapa demikian..? ya jelas karena saat setelah traweh kalian bisa capek-capean main sama teman". Hal itu yang tidak bisa dilakukan saat pagi hari..

Permainan yang sering dilakukan mulai petak umpet, betengan, goback so dorr, sampai main petasan. Apalagi kalau besoknya kalian libur, pasti debelain main sampai tengah malam terus lanjut tidur dimasjid rame-rame, terus bangun buat ronda. Tenang nanti saya bahas keseruan mulai dari tidur d masjid sampai ronda.....after it.

Oh iya lanjut bahas yang serius...Belum habis sampai disitu fenomena yang lain yaitu, kalau kalian perhatikan secara seksama mungkin kalau digambarkan dengan diagram sebagai berikut.
Penyajian Data Udah Mirip Skripsi :-(
Jika dilihat dari gambar grafik diatas menunjukan bahwa terjadi penurunan berkala dan peningkatan berkala. Dimana titik balik terjadi pada hari ke-15. Hal ini menunjukan jika para jamaah sholat traweh (*termasuk yang nulis ini) Aktif hanya pada awal dan akhir saja...hahha Itu adalah salah satu fenomena yang dapat kita temui di bulan ramadhan, Hal ini tidak menggeneralisir semua daera seperti ini. Tapi menurut analisissss saya ya kebanyakan fenomena ini terjadi. Bagaimana dengan daerah kalian...? bahkan kalau didaerah saya sering disebut dengan istilah " Buka gendang tutup gendang" yang artinya hanya awal dan akhir. namun hal ini perlu diapresiasi karena setidaknya mereka sholat traweh dari pada yang tidak heheh...Tapi hal ini tidak berlaku bagi kami generasi kanak-kanak saat itu. hahaha

2. Momen saat Saur
Kalau momen yang satu ini yang sering kita jumpai yaitu, cara-cara unik untuk membangunkan orang sahur. Sering kita jumpai momen saur dengan lantunan suara dari pengeras suara dari masjid-masjid atau mushola.  Kalau hal itu saya kira didaerah kalian juga demikian. Momen sahur saat 5-10tahun yang lalu (Generasi 90an) merupakan hal yg saya tunggu". Kenapa demikian,,? Karena, saat itu masih sering kita jumpai khususnya didaerah saya yaitu, fenomena anak-anak kecil bangunin orang untuk saur dengan jalan kaki keliling kampung sambil pukul-pukul alat seperti kentongan, drum jeregen, panci, dll. Kalau di daerah saya, hal semacam ini sering disebut dengan istilah ronda. Ingat ya RONDA bukan RONDO...

Entah ini kemajuan atau kemunduran peradapan, yang jelas saya kangen saat-saat seperti dulu. (*dear mantan) . Kalau saat ini buat bangunin sahur yang sering kita jumpai, yaitu pesan berantai lewat smartphone. Padahal kalau generasi sekarang kalian mengalami masa-masa dulu, pasti kalian merasakan serunya bangunin orang saur dengan cara RONDA. Karena, 90% niat ronda itu untuk usil-usilan dan 10%nya baru beneran niat buat bangunin orang untuk sahur. Namun keseruan dan kepolosan anak jaman dulu yang sekarang sudah jarang kita temukan. :-(
Ini Yang Ngagenin Untuk Didengarkan
Kreatifitas anak-anak jaman dulu memang sip dah, dengan peralatan seadanya kita berusaha buat musik yang enak didengar. Karena Bagi kami ronda adalah ajang untuk perfrom atau unjuk gigi, iya lah lah wong rondanya sambil teriak-teriak saur--saurrr,,,Karena setelah pagi sampek siang kita latihan rame-rame latihan. Meskipun sering dimarahi sih karena kita latihan gaduh dan itu pun jam orang istirahat, Ya udah kalau anak jaman dulu dimarahin itu ya cukup didengerin wkwkwkwk...
Tapi paling puas itu kalau pas ronda saur---saur perfrom tim kita lebih keren dari yang lain..itu yang bikin bangga.

3. Momen Lupa Kalau Puasa
Hampir seluruh dari kalian waktu kecil pasti pernah lupa makan atau minum saat hari" awal puasa. Kalau kalian tidak pernah pasti kalian sekarang sedang bohong. Momen lupa saat puasa itu yang mengasikan, kenapa demikian? ya seru lah kalau kita lupa terus keblabasan makan bakso satu porsi, sudah selesai makan baru ingat hahahah :-D Tapi kebnayakan dari kita mungkin bukan lupa puasa dengan makan paling sering dijumpai mungkin minum air putih, icipi makanan, makan jajan, makan gorengan. Tapi kalau yang makan nasi satu piring plus lauk ayam bakar, itu saya rasa bukan lupa lagi tapi ngelupa. hahhaha :-D

Kalau momen ini yang pernah terjadi pada saya yaitu pas siang hari. Saat itu cuaca sangat terik, terus saya pulang sekolah kelas 4SD sekitar jam 11an...Bayangkan jarak SD dan sekolah sekitar 1000m, terus tambah lagi itu ditempuh dengan jalan kaki..Sampai dirumah pas sepi, saya langsung ke dapur dan terjadilah insiden saya lupa minumm air. Alhamdulilah sudah dua cangkir baru sadar kalau sedang puasa. Tapi yang saya sedikit kecewa kenapa air putih..? nggak sirup, susu atau es teh gitu kan nikmat hahahha :-D

Faisal Kecil
 4. Momen Nunggui Buka
Bagi sebagian besar tidak anak-anak atau orang dewasa, pasti yang ditunggu saat puasa adalah waktu berbuka. Karena kalau pas nunggu buka puasa itu adalah fase dua dimana tubuh ngerasa paling LEMES. entah kenapa hal itu terjadi,. Saya belum nemu penjelasan medisnya, yang jelas menurut saya ada dua fase paling lemes saat puasa yaitu siang hari pas rentan jam 11-12an dan sore 10-30menit menjelang berbuka. Nah aktifitas yang paling ngangenin saat nunggu puasa waktu saya kecil yaitu nunggu sambil mandi berendam dibak dan kasih makan puyuh milik tetangga. Iya dua hal itu yang sering saya lakukan dan saya rasa paling berkesan.

Momen nunggu berbuka sambil berendam air di bak itu dulu sering saya lakukan saat fase lemes pertama menyerang. Hahha Hal itu saya rasa sangat efektif, mandi berendam sambil main air...terus berharap ada sebagian yang masuk di tenggorokan..hahahah :-D. Aktifitas berendam dan main air ini tidak ada batasnya berapa jam. Yang jelas baru diakhiri saat emak bilang "Wes mentas lee, mengko masuk angin" wkkwwk kalimat emak yang satu itu yang jadi pertanda. Tapi kalau boleh dianalisa secara teori, rata-rata emak saya nyuruh mentas itu saat seluruh jari tangan (mengkerut putih pucat) dan bibir membiru. Hahhaah :-D
Gambar anak siapa ini..?? hahaha :-D
Maaf ya dek mukanya sama omm nggak disensor, abiss adik ngemesin sih. Hahhahah Itulah momen yang mengasikan saat ramadhan, bagaimana dengan yang kalian alami..? Eisttttt sekarang udah gede nggak boleh mandi siang lama-lama ya...Ingat bisa bisa puasanya malah batal. Lanjut moment pas nunggu adzan buka puasa berikutnya. Saat fase lemes kedua, aktifitas yang dulu sering saya lakukan yaitu kasih makan burung puyuh peliharaan tetangga. Ini yang tak kalah seru, wenakk habis kasih makan terus saya boleh ambil bawa pulang telurnya. Iya yang menantang saat itu, ialah saya boleh bawa pulang telur puyuh sebanyak-banyaknya tapi syaratnya harus dibawa pulang pakai tangan. Ya itu hal yang sangat sulit bagi anak SD seperti saya saat itu. Berusaha macam apa pun, yang namanya anak-anak ya begitulah, kapasitas gengaman tangan anak kecil paling mentok tangan kanan dan kiri total isi 10butir dah buanyak..hahahha Tapi keseruanya itu lho, bahkan saya juga berkompetisi dengan kakak saya banyak'an bawa pulang. Oh iya saya mau mengucapkan terimakasih sebanyak'nya buat pemilik peternakan puyuh petelur namanya pak wahid. bapaknya super baik, sampai sekarang meskipun beliau sudah memiliki anak 2 tetep saya mangilnya mas,hhehehehe

5. Momen Tidur di Masjid Rame-Rame
Satu lagi momet sepesial yang sekarang sudah punah. Yaitu momen saat tidur dimasjid atau mushola waktu puasa. Momen masa kecil ini yang paling ditunggu-tunggu saat akhir pekan dibulan ramadhan. Mungkin kalian juga pernah melakukanya..? kalau saya sih pernah bahkan dulu waktu kecil sering baget. Tidur dimasjid itu salah satu hal yang seru untuk dilakukan. kenapa demikian.? Saat itu anak-anak seusia saya pasti kalau akhir pekan pas ramadhan malanya ronda. Iya salah satunya cara biar semua bisa bangun sama-sama dan ikut ronda yaitu kita tidur beramai' dimasjid. Bukan masalah tidurnya tampi aktifitas sebelum tidur itu yang ngageni. kalau tidur mah dimana mana sama, cukup meremmm gitu hahhaa.

Kegiatan rutin kalau sudah kumpul dan tidur rame-rame dimasjid itu intinya nggak jadi tidur. Mulai cerita nabi-nabi sampai mistis hantu-hantu dll. Intinya ngobrol sampai waktu sahur, terus berangkat ronda. Tak jarang juga tengah malam jam 12an, masih saja sempet buat perapian terus nyari jagung di sawah untuk dibakar dan dimakan rame2. Eh nyari atau minta ya..? yang jelas ambilnya malam paginya baru bilang ke pemiliknya hahaha :-D. begitupun kalau musim mangga apa rambutan langsung sikattt...hahah :-D. Yang paling enak itu kalau makan mangga pakai kecap, apalagi mangganya masih muda. Itu kenakalan jaman kecil yang ngangenin....

Terus jailin nomer pengaduan, itu pun njailinya malam-malam, dan serunya njailinya pakai telpon umum..wkwkwk. Saat itu satu-satunya telpon umum yang ada lokasinya didepan stasiun depan koramil. Sudah puas teruss baru mulai tidur selimutan sarung,yang paling lucu itu kalau ada dari kalian yang tidur dulu pasti dijadikan bahan usilan (target untuk dijaili). Mulai dari digotong dipindah lokasi tidurnya, diikat tangan dan kakinya, sampai di tinggal pergi nggak dibangunin sampai pagi. Bahkan kejailan yang paling seru itu saat teman yang tidur duluan itu di coret" mukanya. Itu pun dicoret2 pakai arang bekas api-apian atau pun kapur atau seadanya. Bayangkan dah bangun nggak sadar mukanya sudah penuh coretan abstrak. Terus yang lihat nggak kasih tau, malah ketawa kenceng2 dipuas-puasin. Itu keseruan momen saat tidur dimasjid rame-rame. Yah, kalau anak jaman dulu bisa gitu saja sudah seneng banget...

Fokus Pada Kolom
Oh..iya saya mau sekalian salam buat temen2 kecil yang pernah seru2an tidur dimasjid. Terimaksaih sudah mengisi masa kecil saya dengan keceriaan tanpa adanya unsur gengsi dan sok jaim-jaiman... Thanks buat kalian Deby, Dayat, Doni, Vicky, Adi, Ms.Andri, Ms.Bero, Rizky, Eca, Dova, Rohman, Didin, Jimi, Ms.Niko, Iqbal, Panda, Anang, Ms.Yanto dll.. maaf yang nggak kesebut lupa..pokoknya terimakasih banyak... "Kalian tetap bagian dari masa kecil saya, yang istimewa". Sayang udah nggak kedengar lagi ada anak-anak yang maen kumpul dan meramaikan masjid (tentunya versi anak dulu). Anak-anak jaman sekarang sibuk maen dengan gadgetnya..Menyedihkan :-(
 6. Momen Pas Malam Takbiran

 Momen takbiran ini salah satu yang seru.... Entah ya saya lupa, tapi nggak seingat saya nggak seperti sekarang nunggu isbat lah pengumuman. Apa saya dulu kurang paham, atau memang dulu demikian. Pokonya seingat saya lebaran itu sudah diketaui hari-hari sebelumnya. Jadi kami pun sudah siap-siap buat takbiaran keliling. Mulai bawa oncor, mercon samapi pernak-pernik khas takbiran. Dan serunya takbiran itu dah benar-benar menjadi momen KEMENENANGAN bagi anak kecil seusia kami. Perayaannya pun rame seluruh jalan dihiasi pernak - pernik jalanan dipenuhi obor, dan tak lupa kumandangan takbir bergema dimanan-mana...Ya kalau sekaran sih yang rame pusat perbelanjaan yang bagi-bagi diskon jelang malam hari raya.... Entah mau cari baju, sampai jajanan lebaran..Sungguh Menyedihkan...

Belum lagi kegiatan ngantar zakat fitrah dimalam takbiran beh sampai tengah malam.. Itu pun asiknya ngk terdeskribsikan dengan kata-kata...pokonya sepesial. Habis bagi-bagi zakat terus ke mesjid buat takbiran pakek pengeras suara...Bahkan sampai senengnya kadang ada yang sampai ngk tidur semalaman. Terus paginya sholat ied ya gitu namanya anak-anak banyak yg ketiduran karena malamnya begadang...kerennn dah.


 7. Momen Pas Lebaran Panen Uang

Setelah pulang salad ied, terus maaf-maafan dulu ke orang tua terus berangkat kemasjid kumpul' buat selamatan.....Intinya ini hari makan-makan dari melek sampai merem terus melek lagi sampai 7 hari. Hahhaha:-D Momen yang paling ditunggu-tunggu saat lebaran bagi anak-anak adalah dikasih sangu (amplop isi uang) wah senengnya dah gak terkira... Kalau waktu itu sangunya berkisar 1.000rupiah sampai 10.000rupiah soalnya belum ada uang 2.000an. ITu pun senengnya bukan main. Tapi yang sekarang beda itu kalau sekarang anak-anaknya lebih berani. Soalnya jaman saya dulu kalau mau silahturahmi pasti sama orang tua. Kalau sekarang itu dah berangkat sma temen-temen, dan anak jaman dulu itu kalau mau pulang rewel dulu ke orang tuanya kalau sekarang, kelihatan jajannya enak dimakan endak langsung aja cusss.... Ibarat main monopoli hanya lewat. Hal itu kenapa karena mereka tau kalau angpo atau sangunya itu pasti dikasih oleh pemilik rumah saat mereka pamitan. Hadeeehhh tambah kemunduran peradapannn ini namanya,,,Tapi biarlah mungkin ini juga salah kita...

Dan akhirnya kita akan akan merasakan kemenangan yang paling final saat uang sangu yang terkumpul sudah bisa buat beli mainan... Iya mainan yang ngetren saat musim habis lebaran..mulai dari tamiya, clasgerr, sampai mobil remot control. Itu bagi anak-anak kecil sepelantaran saya pasti dah serasa merdeka. ...

Itu lah sepengal pernak-pernik "Asyiknya Ramadhan Sampai Lebaran" yang mungkin sebagian dari kalian juga pernah merasakan....Akhir kata semoga catatan ini mampu memberi inspirasi dan menjadikan kita untuk terus bersyukur. Tak lupa saya ucapkan terimakasih untuk semuanya, dan selamat menjalankan ibadah puas, dan selamat Hari Raya Idul Fitri.. Mohon Maaf Lahir dan Batin..



Salam Ramadhan, Salam Lebaran
By: M.F.F
(Manusia yang mau tidur saja dandan)

Comments