FLASH BACK

Flash Back 

Hari ini 12 Oktober 2015,
Flash back Again.... Postingan Diblog saya ini sebenarnya sudah pernah saya posting di akun FB saya @M Faisal Faris. Kenapa saat ini saya posting lagi.......???
saya ingin berbagi pengalaman yang pernah saya alami, selain itu ini merupakan wujud pengingat saya agar terus bersyukur dan memaknai hidup dengan pikiran positif..... Keep Positif Thinking.. :-)
Saya juga mau menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Kedua Orang Tua saya....dan semua orang2 disekitar saya yang membantu perjalanaan hidup saya hingga saat ini. Thanks You All.... tuhan akan membalas kebaikan hati kalian...

            Kejadian yang telah berlalu pasti akan meninggalkan bekas tersendiri dalam ingatan. Itulah
yang disebut dengan kenangan. Tanggal 26 april kemarin tepat satu tahun yang lalu ada kejadian besar yang pernah saya alami. Membawa pikiran ini kembali pada kejadian itu. Menghitung jumlah hari yang tersisa, menikmati hidup dengan keadaan yang tak biasa. Menjalani semuanya dengan rasa terpaksa. Tidak sedikitpun tebayangkan jika saya masih diberi kesempatan ke dua, untuk merasakan kehangata mentari dipagi ini. Sebagian dari kita pasti pernah mengalami fase – fase berat dalam kehidupannya. Berawal dari mengacuhkan hal kecil, meremehkan apa yang saat itu dirasakan hingga akhirnya hal yang tidak pernah terlintas dalam benak terjadi. Berfikir positif itu penting tapi melihat keadaan sebenarnya itu lebih penting. :
)

Saya akan berbagi informasi sedikit mengenai apa yang sempat saya alami,kejadian ini adalah fase dramatis dalam hidup saya.

Tumor pada tulang belakang
Tumor di tulang belakang jarang terjadi. Sebagian besar tumor di tulang belakang disebabkan oleh penyebaran tumor dari tempat lain. Tumor yang sering menyebar ke tulang belakang berasal dari usus , ginjal , prostat , payudara, paru-paru dan tiroid . Hal ini biasanya terjadi pada orang di atas usia 50 tahun. Pada pasien yang lebih muda , tumor tulang belakang mungkin berasal dari tulang belakang itu sendiri . Tumor ini bisa jinak ( non-kanker ) atau ganas ( kanker ) .

Apa saja gejala tumor pada tulang belakang ?
Sakit punggung adalah gejala yang paling sering dari tumor di tulang belakang . Untungnya , sebagian besar nyeri punggung tidak disebabkan oleh tumor . Jadi , jika Anda mempunyai keluhan sakit punggung , jangan terlalu khawatir , tetapi juga jangan menganggap masalah ini sepele. Nyeri punggung yang berhubungan dengan tumor di tulang belakang biasanya konstan, tidak berkurang waktu istirahat dan tidak membaik seiring waktu . Berat badan dan nafsu makan bisa berkurang.



***Gejala yang saya alami rasa nyeri pada daerah punggung belakang dan hal ini terjadi hampir setiap tengah malam berkisar pukul 00:00 Wib. Dan hal ini berlangsung hampir 7 bulan dari bulan juni 2012-Desember 2013. Rasa nyeri ini hilang setelah saya mengkonsumsi obat nyeri.
Jika tumor menekan ke sumsum tulang belakang atau saraf , pasien mungkin mengeluh kesulitan berjalan , kesulitan mengkoordinasi tangan atau kaki , kesulitan mengontrol buang air besar dan buang air kecil. Lemah, mati rasa dan nyeri tangan dan kaki dapat terjadi . Jika tumor bertumbuh dengan cepat atau ketika ada perdarahan spontan dari jaringan tumor , tekanan ke sumsum tulang belakang secara tiba tiba dapat menyebabkan kelumpuhan mendadak. Tumor melemahkan tulang . Kadang-kadang , para pasien mengeluh nyeri punggung yang dasyat secara tiba-tiba karena patah tulang belakang .

***Januari 2013 adalah fase dimana saya merasakan gejala perubahan intensitas waktu datangnya nyeri pada bagian punggung yang tidak hanya malam hari. Pada bulan yang sama gejala – gejala kesemutan pada daerah pergelangan kaki mulai muncul. Februari 2013 terjadi rasa penebalan pada daerah kulit kaki, perut dan punggung. Hal ini berlangsung cepat hingga sebagian kulit mati rasa. Bahkan kaki kiri mulai sulit untuk digerakkan namun masih bisa berjalan. Pada akhir bulan januari menyusul kaki kanan yang sulit digerakkan. Pada awal bulan februari 2013 kaki kiri sudah tidak bisa digerakkan menyusul kaki kanan selang 2 minggu. Hingga pada bulan februari akhir terjadi kelumpuhan.

Kapan Anda perlu ke dokter?
Jika Anda memiliki keluhan-keluhan tersebut selain nyeri punggung dan sakit leher atau Anda memiliki riwayat medis kanker atau riwayat kanker di keluarga dekat, disarankan untuk anda periksa ke dokter . Dokter Anda perlu melakukan tes darah , Xray , MRI , CT scan scan tulang , biopsi dan sebagainya untuk menentukan apakah gejala disebabkan oleh tumor tulang belakang, untuk menemukan asal utama dan jenis tumor .

*** Pengobatan medis yang saya lakukan sudah berkali-kali mulai dari dokter umum, dokter sepesialis penyakit dalam, dokter sepesialis tulang dan dokter sepesialis syaraf. Saya sempat menjalani rehabilitasi medic hal ini saya lakukan sesuai saran dari dokter sepesialis tulang yang mengatakan ada pergeseran tulang belakang. Ada perubahan namun tidak begitu lama rasa nyeri datang lagi dengan tingkatan rasa sakit yang semakin tinggi. Sementara itu dokter sepesialis syaraf menganjurkan saya untuk foto MRI. Foto MRI ini saya lakukan di luar kota tepatnya kota malang disalah satu rumah sakit umum rujukan dari RSUD. Bukan hal yang mudah untuk sekedar foto MRI saat itu saya harus mengantri 1 Bulan. Foto MRI ini tidak sama dengan foto Rontagen. Sekitar satu setengah jam saya dimasukkan dalam kapsul. Hasil dari foto MRI inilah yang memberikan kejelasan mengenai penyakit yang saya alami. Teryata terdapat tumor pada daerah tulang belakang X-XI.

Apa penanganan tumor pada tulang belakang ?
Penanganan tumor di tulang belakang tergantung pada jenis tumor , penyebaran tumor dan apakah tumor menekan saraf yang menyebabkan gejala-gejala neurologis . Operasi, kemoterapi dan / atau radioterapi mungkin diperlukan . Tujuan dari pengobatan adalah untuk membasmi tumor bila memungkinkan atau untuk menghambat perkembangan tumor .

*** Pengobatan medis yang disarankan dokter sepesialis syaraf adalah tindakan operasi. Tindakan ini ditujukan agar tumor yang menekan syaraf dapat segera diangkat. Dengan harapan tidak terjadi kerusakan sistim syaraf yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen.

Kapan operasi diperlukan ?
Jika tumor tersebut menyebar di banyak tempat di tulang belakang , operasi ditujukan untuk membebaskan saraf yang terjepit oleh tumor dan untuk menstabilkan tulang belakang . Kemoterapi digunakan untuk membunuh sel-sel tumor yang tidak dapat dioperasi . Jika tumor terjadi di satu tempat saja di tulang belakang , ada kemungkinan untuk mengambil tumor secara keseluruhan dengan tujuan untuk penyembuhan . Radiasi biasanya diperlukan setelah operasi . Radiasi mempengaruhi penyembuhan luka . Dengan demikian , radiasi hanya dapat dimulai setelah luka operasi sembuh secara total. Sangat tidak dianjurkan untuk melakukan radiasi sebelum operasi .

***26 April 2013 adalah hari pertama saya masuk rumah sakit menunggu tindakan operasi. 23 Mei 2013 Tindakan operasi dilakukan selama 8 jam dikamar operasi dari pukul 07:00-15:00 wib. Hasil dari operasi sesuai dengan harapan bahkan pihak dokter yang menangani tindakan operasi terkejut dengan perkembangan hasil operasi yang begitu pesat. Kaki kanan sudah dapat digerakkan seperti normal dan kaki kiri masih berat namun sudah mampu digerakkan. Mengingat sebelum tindakan operasi kaki kanan dan kiri nol tidak bisa digerakkan.

Apakah fisioterapi berguna dalam kasus-kasus tumor pada tulang belakang ?
Sebelum operasi , tulang belakang harus dijaga dengan baik karena tulang lemah dan rawan patah tulang. Setiap kegiatan harus dilakukan dengan hati-hati . Fisioterapis dapat memberikan saran tentang cara untuk merawat punggung dan memperkuat otot-otot. Setelah operasi , rehabilitasi diperlukan untuk membantu Anda untuk mempercepat penyembuhan dan pemulihan.

*** Tiga hari paska operasi tindakan terapi dilakukan. Hal ini ditujukan untuk mengembalikan fungsi kaki kanan dan kiri. Terapi ini dilakukan setelah pengaman tulang belakang terpasang dipunggung. Alat ini ditujukan untuk memberi perlindungan bagi tulang belakang paska operasi yang rawan. Tanggal 30 Mei 2013 saya diijinkan pulang dan wajib control seminggu sekali. Hingga saat ini saya masih mengenakan penyangga tulang belakang. Hal ini difungsikan agar membatasi gerakan saya.

Apakah akupunktur berguna dalam kasus-kasus tumor pada tulang belakang ?
Tindakan invasif seperti akupunktur dalam kasus tumor secara umum tidak dianjurkan. Karena penusukan jarum dapat membantu penyebaran tumor.

*** Pengobatan alternative akupuntur tidak saya lakukan. Saat itu saya sempat mencoba pengobatan alternative berupa bekam dan pengobatan alternative dengan aliran listrik (setrum). Kedua pengobatan alternative yang saya lakukan memang langsung memberikan dampak singnifikan namun belum bisa menyembuhkan. Setelah melakukan pengobatan ini efek yang saya rasakan adalah berkurangnya rasa sakit badan juga terasa ringan.

Apa saran untuk ketenangan pikiran di pasien yang menderita tumor di tulang belakang ?
Bisa dimengerti jika Anda merasa khawatir dan cemas jika Anda menderita penyakit tumor . Kemajuan dalam kemoterapi , radiasi dan operasi telah mengurangi efek samping pengobatan , meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur. Penting untuk berharap dan berpikir secara positif karena pikiran yang positif dapat mempercepat penyembuhan dan pemulihan Anda .

*** Saya sangat merasakan kekuatan support dari banyak pihak terutama kedua orang tua, keluarga, sahabat, teman dan mereka yang mengalami hal serupa. Ketenangan pikiran adalah salah satu faktor yang mampu mempercepat penyembuhan. Bagimana menyikapi sebuah teguran dari sang pemberi hidup agar kedepanyan mampu bermanfaat bagi sesama, itu pesan yang saya terima J

Pengalaman adalah guru yang terbaik, hal inilah yang mendasari saya untuk berbagi pengalaman hidup yang saya alami. Semoga bermanfaat :)"Berfikirlah anda Tidak sedang DIMANFAATKAN,Tapi Berusahala BERMANFAAT bagi sesama"


                                                      (M.F.F Dokumentasi Pribadi)

Sumber :
Catatan oleh : Dr. Tony Setiobudi BMedSci (Sydney), MBBS (Flinders), MMed (Ortho), FRCS (Ortho) (Edinburgh) dengan beberapa tambahan.
Gambar : http://www.kompasiana.com/idha/sering-nyeri-pada-pinggang-hati-hati-hnp_550092a3a333115973511329

Comments