BEHIND The Scene KJI 2014

Behind The Scene KJI 2014
Part II

Next dari part I.....

             Kabar berita malam itu membuat saya nyenyak dalam tidur...heheh :-D. Serasa masih mimpi bahkan belum begitu percaya. Hingga pagi menyapa dengan penuh semangat. Terimakasih YaRobb untuk semua ini. Pada bagian ini saya akan menceritakan bagaimana keseruan dan pengalaman berharga saya dan tim saya D'CreMONA dalam mempersiapkan Jembatan kami untuk KJI ke-10.

              Pagi ini sangat berbeda bagi kami yang merasakan kebahagiaan tiada tara. Namun, disisi lain kebahagiaan ini juga terselip kegalauan. Bagaimana tidak galau ...?? Sudah di skip dulu kegalauannya ..ok sipp. Setelah pengumuman bahwa tim kami lolos ketahap selanjutnya, kami segera kumpul dan menlist apa2 saja yang harus kita lakukan. Beserta pembagian tugas  untuk pergerakannya. Kesepakatan dalam tim pembagian tugasnya seperti ini..Saya mulai dari Pak Ketua Tim (Ms.Yogie) dia bertugas mempersiapakan gambar kerja fix dan aksesoris jembatan. Untung bukan saya yang kebagian tugas ini hahahah :-D Good Job yogg. Terus Kak Fahmi bertugas dalam pencairan dana backup anak2 management. Upsst tenang nanti ada bagiannya sendiri, kenalan dengan tim management Kontingen KJI&KBGI 2014. Selain itu kak fahmi juga kordinator buat tulangan bambunya. Teruss kembali ke pembagian tugas tadi. Mas Wendy dalam hal ini diamanati untuk mengawasi pekerjaan pembuatan launcher (alat bantu konstruksi) selain itu mas wendy disini juga sebagai kordinator latihan. Dan saya sendiri lagi2 bertugas sebagai komentator hahah :-D .dalam hal ini saya bertugas sebagai Timekiper...Selain itu saya juga diamanahi untuk mixdesain beton ringannya. Pada perinsipnya kordinator hanya bertanggung jawab mengkordinir pergerakan dan pekerjaan yang menjadi jobdisk masing2. Namun, tetap kami bersama2 saling membantu untuk melaksanakannya ciee....Ini namanya kerja tim hahah.

Coba Perhatikan Mahluk Berjaket Merah...
Hahahha :-D
              Intinya banyak pekerjaan yang kita lakukan selama persiapan maket ini.  Banyak juga cerita dan pengalamaan baru yang sangat berkesan bagi saya. Setidaknya ada 3 pengalaman yang paling sepesial yang saya ingin bagi...Yang pertama adalah saat pekerjaan membuat begel dari bambu petung. Tidak berkesan bagaimana..selama 7 hari dan itu dilakukan mulai siang habis ngampus sampai pagi mau berangkat ngampus... Pekerjaannya pun juga menantang broo... Menantang kesabaran kita, hahah. Pada awalnya wajar lah kalau menghabiskan banyak bambu karena sekali dibengkokan pata- dibengkokan patah dan patah lagi.. Namun, tetep pasti ada caranya. Setelah ketemu caranya saya rasa tidak ada yang sulit.. hahah :-D (sombongnya keluar).

           Ada cerita yang lucu dan menggemaskan..(Menggemaskan seperti pipi saya yang tembem). Ceritanya begini, saat itu kami membuat begel atau sengkang untuk tulangan bambu ini di basecamp CreMONA gedung G3. Namun, entah karena apa yang jelas saya ketiduran... Padahal pekerjaan itu belum selesai dan dateline besuk pagi harus rampung. Tapi yang membuat sampai saat ini saya heran dan jadi pertanyaan. Kenapa saya kok tidak dibangunkan.? Entah lah biar jadi rahasia antara aku dia dan mereka. Mungkin mereka nggak berani bangunin saya karena segan...(Maklum disini kan saya yang paling disegani..hahhah). Nggak saya rasa bukan karena itu, tapi lebih karena mereka mengerti kalau saya keecapaian dan butuh istirahat...cieeee so sweat... Yaa...Pasti mereka sudah hafal kalau saya bilang "wahh,, enak iki yen kambek ndelosor". Sudah dapat dipastikan tidak sampai 5 menit kemudian sudah sampai alam khayangan, dan ini bukan kali pertama...Sabar ya rekk..kerjo kambek aku..ahahha :-D

              Namun, yang namanya saya pastinya eksis dimana-mana. Bahkan pasti tidak ada gambar yang tidak ada foto saya disini. Ya..jelass... ini blog-blog siapa..? yang buat postingan siapa..? Maklum numpang promo..hahah :-D. Ada lagi dokumentasi yang diambil saat proses perakitan tulangan pelat lantai. Wuihhh foto ini diambil di pelataran jalan menuju perpustakaan pusat UM. Bayangkan tidak kasihan apa mereka yang mau jalan keperpuss...Jalannya dipakai buat ngrakit tulangan. Hehehhe... Tidak sebegitunya kali. Kami mahasiswa harus arif terhadap lingkungan jagan sampai kegiatan kita menggangu sesama..cieee kalimat bijaknya keluar..


Proses Merakit Tulangan Pelat Lantai
Ini dia dokumentasinya...
Tapi kelihatanya banyak makna apa yang dipikirkan ini orang..heheh

Fahmi : wah,,ketok yo.? endi seng bener2 kerjo kambek sing kerjo pas ngerti arep difoto..hahah
(memandang tersangaka)

Galuh : Iya mass bener..Iku lho ms.faisal action tok..

Yogie : Nyapo yull..?Ayo..wes gek ndang dimarekne..


Yuli : Ngene pak,Firasatku elek, ternyata tenan pak.
photoku dicrop ya allah.gek gur d ketokne sikilku e.

Saya : hahhahah...Sek tak ngguyu diluk.. :-D

Ya,begitulah mahluk yang paling senang dengan warna merah ini selalu tampil terengginas, disiplin yang yang penting nampang biar eksis dulu hahahhah :-D

            Pengalaman sepesial yang berikutnya adalah saat proses laminasi tulangan bambu. Jadi tahapan pelaksanaan yang kita lakukan disini banyak... Salah satunya tahap pembuatan laminasi tulangan bambunya. Laminasi...? apa itu laminasi..?? kalau mau tahu belajar ke Pak karyadi ya temen2. hHahaha...Wah,, banyak sekali pengalamaan baru yang saya peroleh dari pekerjaan ini. Laminasi... Mulai dari penggunaan lem untuk laminasi itu jenis lem yang bagaimana...terus berapa takarannya. Teruss bagaimana langkahnya..pokoknya banyak sekali. Intinya terimakasih kepada pak. karyadi yang dengan senamg hati membimbing kami. Proses laminasi untuk tulangan bambu sendiri kami lakukan sendiri ber Tim dan didampingi 2 orang teknisi (orang kepercayaannya pak karyadi). Waduhhh..maap pak ya saya lupa heheh.. yang jelas orangnya sudah terampil karena sering membantu penelitiannya pak karyadi. Kalau saya ngomong saja dari tadi kan nggak afdoll kalau nggak ada buktinya.. Buktinya ini saya dokumentasinya...


Proses Pemberian Lem
Proses Laminasi Tulangan Bambu

Nahhh..sekarang baru kelihatan itu ada ms.wendy yang sedang membatu proses penkleman sebelum nantinya laminasi bambunya ditekan dengan kekuatan 2 Mpa..iya 20 atau 2.. coba nanti tak carikan datanya berapa..hahah :-D

Pokoknya keren,, pengalaman baru yang sangat berharga.... ada cerita yang memalukan...saat proses pekerjaan laminasi saat itu saya ada janji untuk pinjam kunci lab.struktur. kebetulan kuncinya yang punya hanya pak.karyadi. Saya masih inggat betul kalau saat itu hari minggu. Sebenarnya janjiannya jam 6.00 WIB dan saya jam 6 itu baru bangun karena sms dari pak karyadi. Isi pesannya seperti ini....

     Kamu, sekarang dimana.? jadi pinjam kuncinya.?         Saya sudah di depan terusan surabaya.

Watttttt...seketika tanpa cuci muka saya langsung nemui pak.karyadi... dan maklum agak jauh jadi ya..pak karyadi sempat menunggu agak lama....

              Masalahnya bukan karena nggak mandinya tapi karena nggak enak e. Masak saya yang butuh kuncinya malah diantarkan, dan beliau suruh nunggu pula. Oh My God... Mau ditaruhmana ini muka gue... ya wes lah. Yang paling penting kalau kita salah kita mau mengakuhi kesalahaannya dan meminta maaf... Alhamdulilah pak karyadi nggak marah..Eh ternyata setiap minggu pagi beliau selalu olahraga pagi bersepedah..hahahah :-D. 

       Yang sepesial ke-3 yaitu saat pembuatan beton ringan. Wahh sangat banyak pengalaman yang tidak dapat dirupiahkan...Sepesial kami sangat beruntung bisa dibimbing langsung oleh ahli dibidang beton ringan bertulang bambu. Terimakasih banyak bu.nindy.....
Bagaimana tidak, saya berkesampatan belajar langsung dari ahlinya. Mulai cara mix desain, cara pelaksanaan pembuatan, cara pengujian, dan cara perawatan. Banyak hal2 baru yang saya peroleh. Jangan lupa bilang...? alhamdulilah. Ada cerita yang mengharukan saat pelaksanaan pembuatan beton ringan ini. Saat itu awalnya kami berencana mengecor malam hari, namun ada kendala... Saya yang langsung panik meminta ms.fahmi menghubungi bu.nindyal. Hasilnya apa....? Malam itu juga bu.nindya langsung kekampus. Bayangkan apa ada dosen yang sampai begitunya.. Padahal kan ini diluar waktu bimbingan (kalau nggak salah waktu itu sekitar pukul 10 malam). Benar2 amazing..merasa diayomi dibimbing seolah2 kami sudah menjadi anaknya sendiri.  Ini dia dokumentasi pengecoran yang belum berhasil dilakukan malam hari.


Proses Pengecoran Beton Ringan Tahap I
            Sebenarnya malam itu banyak yang bantu kami,,baik dari temen2 CreMONA maupun temen2 kelas PTB-B dan PTB-A. Akhirnya sesuai saran dari bu.nindya pengecoran beton ringannya kami lakukan manual dengan tangan dan dilakukan pagi hari. Kalau yang pakai kaos hitam sebelah kiri itulah yang kasih nama jembatan JARIK LURIK...Nmanya mas wilis yoga utama. Dia itu yang sering saya curhati..hahah :-D. Terimakasih banyak ya liss....
Oh iya,,,Banyak dokumentasi kegiatannya. Sambil saya bagi satu-satu, sambil saya kasih komentarnya..hahah :-D...Okay gaess... Mulaiiii..

Pengadukan Campuran Secara Manual
Nah..itu banyak kan yang bantu.. terimakasih temen2 untuk bantuan kalian. Maklum dari sekian banyak proses itu yang paling melelahkan itu tahap pengecoran beton ringan itu sendiri. Tapi jangan salah tahap ini lah yang membuat kangen kekompakan temen-temen..

Sampel Benda Uji
             Sesuai dengan syaratnya, kita harus sesuai antara beton yang di mix desain dengan hasil yang dibuat. Tentunya sudah mengalami try and erorr..hahah :-D. Baru kalau sudah ketemu racikan yang pas langsung kita hajarrr... Eh ngomong2 siapa ya yang ngracik..? Apoteker kah..? Tenang nggak maksud sombong tapi sedikit riyak...hhaha :-D ini dia orangnya. (Padahal itu lho yang ngajari bu.nindya ngk malu apa kalau sampai catatanmu dibaca beliau, padahal ada datanya yang dimanipulasi) hahah....

No Caption
              Eissstttt...brooo juru raciknya bukan yang pakai baju hitam lho ya. Tapi yang pakai kaos bola, berkacamata, kece badai itu lhoo... Tenang sedang diskusi jangan diganggu lho ya... Oh..kalian mau kenalan dengan yang baju hitam ini, alhamdulilah lah sudah saya sensor mukanya, jadi ngk begitu bahaya... Namanya Fany Apriliya sudah saya anggap adik sendiri. Banyak cerita dengan dia intinya anaknya baik hati, tapi sering keras kepala... Pada intinya pekerja keras..sippp. Oh iya dia juga bagian dari tim management.. (Maaf sudah terlanjur saya perkenalkan). Tenang besuk bagian kolom yang mendeskribsikan dirinya gue hapuss...biar kalian nggak bosen ya broo liat dia muluu...hahah :-D


Pengecoran Pelat Lantai Jembatan
Nah..itu proses pengecoran pelat lantai jembatan. Kali ini dibantu temen2 PTB-B. Satu kontrakan dengan mas yogie terimakasih banyak ya keluarga cemara heheh :-* . Itu ada Ms.Munif (kos biru), Ms. Ervan (kaos hitam), ms.Danang (kirinya ervan). Ms.Wendy. terus Ms.yogie and Mas Faisal Faris...yang kece badai,,,hahah :-D
Hasil Pengecoran Pelat Lantai jembatan
ini dia hasil dari pengecoran kemarin...setelah 3 hari baru dilepas begesting sampingnya...Keren ya.? sekarang lanjut pengecoran bagian gelagar jembatannya.. Itu sudah siap didalam begesting (cetakannya). Ayooo broooo hajarrr...


Pengecoran Gelagar Jembatan

             Itu yang pakai baju kuning berkatelpak udah kayak mandor saja hahah :-D. Nah kalau yang berkaos biru dan orang yang pakai kaos kuning itu orang kepercayaannya bu nindy... Bapaknya itu sudah terampil dalam proses pengecoran beton ringan. Bapaknya juga bantu2 kami disini. sayangnya saya lupa namanya siapa...Dulu saya punya nomer hapenya, tapi setelah negara api menyerang dan nomernya ikut hilang bersama hapenya.. kalian pasti sudah familiyar dengan yang lain. tapi saya mau memperkenalkan temen saya yang bantu2 pakai baju hitam. namanya Fandri, wah anaknya enakan kalau disuruh bantu2. Eh bukan pembantu lho dia, , heheh,, Dia juga sempet bantu2 kami dalam kegiatan PKM pengabdian d pedalaman kalidawir beberapa saat yang lalu. terimakasih ya sobbb... Intinya anaknya baik hati,,,, makasih lho ya ndri..



Operator Mesin UTM
Ini orang lagi ngapain ya..? Coba tebak..hahah Mii nggak kuat lirikan matamu menarik hati. Sopo jal seng disawang sampi segitunya..hahha :-D. Foto ini diambil menjelang detik-detik pengujian sampel beton ringan..
Pengujian Kuat Tekan Beton Sampel

alhamdulilah...akhirnya sampel beton ringan telah sesuai dengan perencanaan....sekarang waktunya istirahat. Masih ada kelanjutannya Behind The Scene KJI 2014 Part III. Tenang sabarrr,,, saya kasih bocoran pada part 3 saya akan bercerita mengenai tahapan akhir yaitu tahap finishing dan latihan launcing...so jangan ketinggalan.

terimakasih sudah setia membaca postingan saya,,, semoga bisa bermanfaat..amin.

seperti biasanya jangan mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang berkenan...sekian sampai jumpa di part 3..

Bersambung............

Ini dia kelanjutan ceritanya....Selamat membaca..

KJI - X Part I 
KJI - X Part II
KJI - X Part III
KJI - X Final Edition


By: MFF

Comments