BEHIND The Scene KJI 2014

Behind The Scene KJI 2014
Part III


         Oh..No saya baru sadar ternyata jeda antara part II dan part III sudah selama 1 tahun. Ya elah ternyanta sekarang sudah tahun 2016 ya. Sebelumnya saya mau mengucapkan selamat tahun baru 2016 buat kalian semua. Semoga ditahun ini kita bisa lebih baik..AMinnn... Oh iya tahun baru identik dengan apa hayo..? Yapp RESOLUSI. Eitsss ngomong2 masalah resollusi. apa RESOLUSI kalian ditahun baru ini..? Kalau saya ada tiga hal pokok yang jadi resolusi ditahun ini yaitu.... Melanjutkan resolusi tahun 2015 kemarin yang sempat ke-pending.. dan Yang terpenting Kesehatan, Kuliah dan Karir diberi KELANCARAN....amin. Lho Asmara bagaimana broo..? hahah tenang untuk masalah asmara dipending dulu buat tahun ini. Yang jelas fokus itu dulu... Saya tetep percaya dengan kata pak mario "Cinta berkelas akan datang pada jiwa yang pantas" hahahha :-D Ceritanya untuk asmara ya d skipp duluu, biar pas terus pantas. Pasti lebih indah......
AMINnnn..



         Sudah dulu bahas mengenai Resolusi di tahun 2016. Kembali pada inti dari postingan saya kali ini. Sesuai dengan apa yang telah saya janjikan sebelumnya, bahwasanya saya akan melanjutkan cerita mengenai pengalaman saya selama KJI 2014. Langsung saja gaesss.....Next dari part II...........

           Date Line semakin dekat dan persiapan masih 85% padahal masih banyak yang harus tim ini lakukan. Salahsatunya tahap finishing. Yasudahlah  banyak2 berdoa...Sembari menunggu maket siap untuk difinising saya dan teman2 mempersiapkan perlengkapan lain yang bisa kita kerjakan, seperti membuat aksesoris lampu, orang-orangan, tanaman, mencari perlengkapan K3 dll... Pokoknya jangan sampai ada jam yang tidak PRODUKTIF. Serasa 7 hari menjelang pemberangkatan ini serasa hidup 24 jam begitu cepatnya. Tak ada pikiran tugas kuliah, pacar bahkan saya yakin bukan saya sendiri yang merasakan sempat melupakan keluarga dirumah... Hahhaha. Tenang dalam artian tidak kirim kabar bukan berarti lupa yang lain. 
Merapikan Bagian Tepi
    Intinya 7 hari ini meruppakan hari yang berat... Terlebih saat kami mau memulai tahap finishing kita lakukan pengukuran dan ternyata jembatan kami panjangnya lebih 6cm dari panjang maksimumnya. Lah kok bisa...??? Usut punya usut ternyata bagian ujung sambungannya diberi tambahan panjang 2cm dan jumlah ujungnya ada 3. Awalnya saya dan tim sempat shock,Ya sudahlah mau apalagi terpaksa harus kita potong 3cm masing-masing ujung atau segmen terluar. Jujur saya sendiri sempat pesimis jadi berangkat apa nggak setelah hal ini. Tapi setelah melihat semangat temen2 semua yang membatu kami rasanya pergorbanan dan perjuangan ini Layak untuk di ACC dan sidang..hhahah :-D (maksud saya layak untuk dilanjutkan). Terimakasih ya temen2 yang sudah membantu dan memberikan suport baik waktu, tenaga dan pikiran kalian gaess....


   Ini dia wajah - wajah panik ala mas wendy, mas fahmi dan pak ketua (Ms.Yogie) yang sempat terjepret oleh awak media...Hahhahah :-D Kelihatan muka dua orang itu tampak tegang setelah mengetaauhi jembatanya kepanjangen 6 Cm. Untungnya di tim ini ada itu orang pakai kaos putih ditengah yang slowww.. Kira2 beginilah yang mereka katakan.

Ms.Yogie : Aduhh... pie kie jembatane kedawan 6cm e ?
Wajah Tegang hahah :-D


Ms.Wendy : Lha iyo kie...wah.
mas fahmi pun muncul dari belakang seraya berkata "ndak po2, wes bene dipotong ae" Tambah ekspresi senyum-senyum.. Hahahah :-D

Ya mungkin sudah lelah tukange pak pri (Pak pri adalah penanggung jawab ditempat kami membuatkan begesting kemarin).


     Hari ini rencananya kami akan mulai finishing. Finishing dilakukan mulai dari mengamplas dan membersihkan bagian gelagar jembatan. Pengecatan dilakukan dua kali yaitu pertama cat dasar dan lapisan berikutnya baru cat primernya. Kenapa demikian soalnya beton yang kami gunakan beton ringan sehingga banyak pori2 kecilnya. Kalau langsung pakek cat primer hasinya kurang baguss soalnya catnya cepet habis dan tentu boros karena diserap masuk ke pori2 betonnya. Gituuu sih katanya mas wendy hahah :-D. Banyak pengalaman baru yang saya dapatkan saat tahapan ini. Pengalaman bagaimana cara ngecat pakai spray dengan kompresor. Oh iya broo semua tahap finishing ini kami lakukan sendiri heheh :-D. Gitu sih mintanya mas yogiee, tenang wess katanya biar bisa maksimal. Kembali ke kompresor ..wenak alhamdulilah kita dapat pinjaman dari pak karyadi untuk kompresornya dan tabungnya dapet pinjaman dari anak2n indocemet kemarin. Ternyata enak juga ngecat pakek spray ini lebih rapi, cepet dan hasilny sippp (Y). Ini dia dokumentasi tahap pengecatanya.. Kalau ditanya gue yang mana...pasti dah kalian tau gue yang ambil gambar... Hahhaha :-D
Tahap Pengecatan Gelagar Jembatan
        Kalau mau tahu menegenai jenis cat yang kita gunakan langsung saja tanya2 ke mas wendy kalau itu saya kurang paham. Nah setelah dicat biarkan kering dulu, tenang aman kok soalnya kami ngecatnya meskipun diluar ruangan tapi ada penutup atapnya jadi aman kalau misal tiba2 hujan. Sebenernya sebelum pengecatan gelagar yang kami cat terlebih dahulu yaitu plat buhul dari baja untuk sambungannya. Ini dia prosesnya...Tenang udah saya pilih yang ada gambar gue..hahah :-D Ketauan tu yang berdiri gak bantu malah cuma lihat..Iya itu orang yang pakek jaket itu hahah :-D
Proses Pengecatan Plat Sambung
        Selain pengecatan kami juga melayai pekerjaan pembuatan gapura dan railing jembatan hahha :-D kalimatmu kayak mau pasang iklan ae. 7 hari yang amat sangat singgat ini intinya harus dioptimalkan dengan memangaementkan waktu sebaik2nya. Hitungannya sudah nggak menghitung hari demi hari lagi seperti lagunya krisdayanti tapi sudah jam demi jam. Yapp ada lagi yang harus dilakukan yaitu meninjau perkembangan pembuatan gapura buat tiang sandaran yang kemarin sempat tak singgung dikerjakan di SMK Singosari itu lho.. Ah itu lho masak lupa, ya elah ya sudah ini saya kasih dokumentasi progresnya....
Progres Tiang Sandaran
         Selanjutnya 7 hari yang tersisa juga kami lakukan untuk meninjau proses pembuatan launchernya pokonya semuanya sebisa mungkin segera selesai. Progres launcher sendiri lumayan siap meskipun diawal banyak kendala namun kelihatanya yang bisa sesuai target selesai. Ini dia dokumentasi tahap pengerjaan launcer. 
Progres Launcher
          Untuk launcher sendiri kami lakukan fabrikasi di workshop baja depan makam candi area malang kota. Alhamdulilah pekerjaanya juga memuaskan dan harga bersaing. Bapaknya juga ramah, enak lah pokonya. Tapi satu, sayangnya bapaknya cuma mau mengerjakan, nggak mau kalau sekalian pengadaan materialnya. Nggak papa lah yang jelas sipp hasil pekerjaannya. Matursuwun nggeh pak...

        Sebenarnya masih ada bagian yang terlewatkan, yaitu bagian dimana saat-saat menegangkan yaitu saat kami latihan pertama dan terakhir untuk launcing atau merangkai. Sepesial bukan lomba sekaliber nasional dan latihan cuma satu kali..hahahha. Bukan seperti itu  ya karena satu dan banyak hal yang harus dipertimbangkan maka ya akhirnya diputuskan kita tidak usah latihan. Tidak bisa itu dikatakan latihan pertama kita tidak memperhitungkan waktu dan kedua kita tidak sampai mendaratkan jembatan tepat pada abutmenya. Dari situlah kami tahu setidaknya apa yang jadi kekurangan kami. Setelah proses latihan yang saya tidak punya dokumentasinya. Kami mengetauhi bahwa perlu sedikit perbaikan untuk launcernya agar lebih mudah nanti metode pelaksanaanya. Hasilnya kami mendatangkan bapak teknisi workshop baja untuk memperbaikinya. Alhamdulilah bapaknya mau diculik sebentar kekampus oleh kami.hahah :-D Sampai H-1 keberangkatan persiapan kami sudah 95% tinggal paking dan aksesoris sedikit.

Foto 1 Jam Sebelum Latihan
          Setelah semuanya selesai proses terakhir yaitu pemasangan stiker untuk plat lantai dan pemasangan lampu selesai.Kamipun melakukan paking. Sebenarnya paking yang kami lakukan tidak terlalu ribet. Karena tahun ini lomba dilakukan dilingkup malang. Faktor itulah juga kami syukuri. Namun kami tidak boleh mengesampingkan paking peralatan dan material lomba. Karena pada bulan november sudah memasuki musim penghujan.Ini dia foto terakhir jembatan JARIK LURIK sebelum diangkut dan diantarkan ke lokasi perlombaan. (wah..setelah saya cari2 ngk ketemu besuk kalau ketemu saya langsung posting d part ini). Alhamdulilah sudah ketemu dokumentasinya (21/01) terimakasih mas yogie..hahah :-D
Proses Pemasangan Stiker Pelat Lantai
        Kelihatanya ada yang numpang eksis, untuk menunjukan eksistensinya bahwa mahluk yang satu ini belum tidur walaupun saat itu waktu telah menunjukan pukul 00:00 Wib. Ini buktinya masih kelihatan penampakannya...hahah
Meskipun nggak jelas sosok ini sedang ngapain :-D
NO Caption
          Oh.. iya saya juga mau bilang terimakasih buat temenya pacaranya mas yogie anak Elektro (maap lupa namanya siapa yang jelas bukan bunga hahah) yang udah bantu buatin lampu buat gapura tiang sandaran jembatan JARIK LURIK. Sumpah dah keren... Makasih banyak pokoknya. Ini dia proses penyetelan lampu.......
Proses Pemasangan Lampu
Good Job
           Kelihatan muka-muka lelah mereka....Pokonya thank buat semuanya... Love you all gaess.... Jadi inget kata-katanya xxx "Bukan Hasil akhir Tapi Proseslah yang menjadikan kita setingkat lebih baik".Good Job..
Finish....Siap Jadi JUARA
Pada akhirnya saya mengucapkan terimakasih yang sebesar2 kepada semua pihak yang telah terlibat baik langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat saya sebutkan 1/1.
      

  Terimakasih untuk bantuan kalian semua, saya yakhin tanpa bantuan kalian semua pasti kami kesulitan melakukanya. Diakhir catatan ini saya mengucapkan mohon maaf apabila dalam tulisan cerita pengalaman koyol ini  ada kesalahan dan tidak berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih.....






By : MFF


Ini dia kelanjutan dari jalannya ceritaku di KJI ke 10 kemarin...
KLik Link dibawah ini =>>>>


KJI - X Part I 
KJI - X Part II
KJI - X Part III
KJI - X Final Edition

 By: MFF

Comments