Sepenggal Cerita Dari Desa

        Setelah hampir berabad-abad tidak mendapatkan pencerahan untuk kembali menulis, akhirnya siang ini dapat semangat buat mengabadikan perjalanan dalam bentuk tulisan. Masih sama dengan sebelumnya. Isi postingan ini lebih mengarah untuk berbagi pengalaman yang sudah saya lakukan. Pengalaman kerja sosial hahah :-D. Maaf apa sudah bisa dibilang kerja sosial ya..? Entahlah..yang jelas pada kesempatan kaliini saya akan melanjutkan "Sepenggal Cerita Dari Desa" yang kemarin sempat terpotong...

Next...Episode.
         Setelah kemarin kalian, saya perkenalkan dengan para personil tim PKM-M, nah sekarang saya akan berbagi keseruan mengenai persiap dan jalannya kegiatan. PKM-M adalah salah satu bagian dari PKM 5 Bidang. Muara dari PKM 5 Bidang adalah Pekan Ilmiah Nasional atau yang lebih akrab disebut PIMNAS. Meskipun endingnya kalian sudah tau bahwasanya tim kami belum berkesempatan ke pimnas, namun saya rasa ada cerita yang tidak inggin saya lupakan, dan pengalaman yang inggin saya bagi ke kalian. Langsung saja intip cerita berikut ini........

          Sore itu, saya mendapat kiriman pesan pendek dari Ms.Sandra, ini dari pesan tersebut adalah Ms.Sandra minta dibantu buat PKM,untuk syarat Beasiswa. Tanpa berpikir panjang dan berhubung saya kebetulan juga pas longgar, saya iyakan saja. Eh..ternyata Ms.sandra tidak datang dengan tangan kosong. Dia datang bawa konsepan dan masa, diantaranya Ada Fany, Yuli dan Kak Bayu. Akhirnya sore itu pun juga terbentuk tim. Secara tim saya tidak ada masalah, karena dari kesemuanya. alhamdulilah saya sudah pernah ada project bersama dan selama ini baik-baik saja. Intinya langsung klopp gitu hahhaha... Namun, ada Hal yang sempat membuat saya shock. Ketika saya tau bahwa terakhir minta ttd atau dikumpulkan ke Univ ternyata besuk. Alhasil begitulah muncul yang namanya the power of kepepet. Langsung bagi-bagi tugas alhasil 12jam yang singkat mulai sore jam 4an sampai pagi jam 4an terlewati. Dan yang tambah sulit dipercaya draf proposal terselesaikan. Itu lah bukti the power of kepepet, namun jangan salah. Itu juga bukti bahwasanya kekompakan tim sudah terbentuk dengan baik...Thanks All. (Maleh kelingan turu bareng" ndik parkiran kontrakan hahah :-D)

         Ada bagian dramatiss yang terjadi mengiringi jalanya kegiatan ini. Yaitu saat hari terakhir upload.. Ini adalah salah satu bagian yang mengesankan. Saat itu karena belum berlanganan wifi, terpaksa kami upload lewat wifi gratis yang disediakan kampus. Berhubung revisi proposal selesai sudah sore terpaksa kita upload di hari terakhir. Dan seperti yang kalian ketauhi dan rasakan betapa cepatnya jaringan internet gratisan. Belum lagi server sibuk karena banyak yang mengakses. Ya..sudahlah akhirnya upload proposalnya ganti pakai wifi telkom. Bahkan sampai dini hari dibelain begadang di plataran. Alhamdulilah akhirnya proposal berhasil diupload...Ini dia bukti upload proposalnya, coba liat jam berapa keterangan teruploadnya...hahhaha.
        Dan,,,syukur alhamdulilah tanpa disangka-sangka PKM-M yang kami ajukan didanai Dikti dan layak untuk direalisasikan. Ya antara susah seneng campur-campur,, Tapi bagaimana lagi sudah terlanjur basah ya sudah koceh sekalian hahah... Di jurusan sipil memang tim kami bukan satu-satunya. Tapi untuk bidang pengabdian kepada masyarakat menjadi satu-satunya di jurusan teknik sipil. Kalau ditanya apa yang dirasakan saat itu, mungkin Antara senang dan bingung.. Senang bisa didanai tapi juga binggung bagaimana merealisasikan kegiatanya. Karena kegiatannya di luar kota dan perlu menggerahkan masa yang tidak sedikit. Yang menjadi pertanyaan dibenak saya sampai saat ini, kenapa ya dikti memberikan dana 9Jt sekian padahal dalam proposal pengajuan kami cuma berkisar diangka 6jt..? Tapi saya rasa inilah yang dinamakan keberuntungan, tapi terlepas itu semua. Tidak ada keberuntungan yang datang dengan cuma-cuma, setelah melihat pengorbanan yang dilakukan teman". Thank all....

        Ada banyak cerita jika diruntut mulai awal sampai akhir. Saya rasa lebih efektif kalau... Alangkah lebih baiknya saya beri dokumentasi kegiatanya, kemudian deskripsinya...Langsung saja saya share keseruan dalam setiap momen pada kegiatan ini....
     Ini adalah kegiatan konsultasi, dengan pembimbing. Oh...iya saya lupa pada PKM-M Raden Prabu ini kami dibimbing oleh Bapak Afif M Hajji... Terimakasih pak afiff buat semua arahan dan bimbingannya. Pak Afif ini adalah salah satu dosen alin keren di Jurusan Teknik Sipil. Bayangkan masih muda, cakep, teruss pengalamannya banyak. Pak afiff juga termasuk dosen muda dengan gelar doktor dari luar negeri...W.O.ww.
       Nah kalau yang disamping kanan ini dokumentasi kegiatan pas rapat. Jadi berhubung dalam PKM-M ini setiap kegiatan yang dilakukan harus didokumentasikan. Alhasil kegiatan rapat pun tidak lupa untuk dijeprett.. Itu ada saya (kaos biru), Kak Bayu(kaos ijo), Yuli (samping kiri saya), dan Fany(baju kotak2). Mas sandra mana..? Hahhaha..Mas Sandra yang ambil gambar. Soalnya nggak muat masuk kamera.... :-P

 Ini juga dokumentasi kegiatan rapat. Kalau yang ini rapatnya mewah. Kenapa hayooo..? Karena rapat yang satu ini dilaksanakan pas di Villa daerah batu hahah.. Wahh suasananya sangat rekomendettt.. Nyaman, Kondusif, dan yang pasti ademmm hahahha..... Kalian pasti penasaran kok bisa sampai nyewa villa buat rapat, emang uangnya berapa..? hahahah tenang, ini sebenernya lebih tepatnya cuma numpang foto buat dokumentasi hahahh:-D. Acara intinya sebenernya lokakarya CreMONA Galeri..
         Kalau foto diatas ini, adalah saat negosiasi untuk jalannya acara. hahhahah....Tenang negosiasi buat ijin kegiatan sosialisasi. Nah, yang pakai kaos warna orange itu namanya pak lurah joho hahah... Nah, kalau yang gede nutupi kamera itu dia yang namanya Ms.Sandra..

nah,,,Kalau foto samping kiri ini, Iya yang ada manusia kece pakai jaket itu adalah foto saat survey lokasi. Kenapa lokasinya disurvey..? Nah, hal ini dilakukan agar sesuai dan nantinya kegiatan ini tepat sasaran. Survey lokasi sendiri bertujuan untuk:
1. Silahturahmi
2. Cari Makan Gratis...
3. Mengetauhi permasalahan yang terjadi dilokasi.
4. Mengetauhi potensi lokasi sasaran

Tapi intinya survey, eh kok survey istilahnya diganti dengan BLUSUKAN saja ya biar kecee...Hahhaha,,, OH iya inti dari kegiatan blusukan ini yaitu menjaga tali silahturahmi...maklum masyarakat desa Joho baik", Mau numpang Blusukan saja minimal dapat teh, kalau beruntung bisa jadi juga dapat gadis desa hahahah:-D Selamat Mencoba... (Y). Kalau kalian berfikiran daerah sasaran dari kegiatan ini lumayan kota, maka kalian sallah besar. Coba lihat dokumentasi perjalanan ke lokasi ini,,,, Ekspedisi PKM-M Raden Prabu


     Dua dokumentasi ini diambil sebelum keberangkatan kelokasi acara... Nah foto yang bagian atas adalah saat konsultasi dengan pembimbing dan foto yang kiri itu saat diskusi membahas perkembangan persiapan kegiatan. Tampak kak bayu sedang memberikan masukan. Nah coba fokus ke yang berkacamata kece badai itu... Kelihatanya lagi mencari sesuatu hhahha... Oh iya seperti biasanya foto ini diambil oleh Sie.PDD Sdr.Sandra Restu Adtya.

     Saya kira untuk postingan saat ini cukup sampai disini...dan Sambung pada kesempatan berikutnya. Oh iya, saya ingatkan untuk postingan berikutnya akan membahas mengenai kegiatan Sosialisasi dan Workshop Pelatihan Pembuatan Beton Bertulang Bambu.... Jangan Sampai ketinggalan. Tentunya banyak keseruan dan pengetauan baru...hahahah (OH iya dibagian ini ada bu.Nindya juga) So, Jangan kelewatan
Terimakasih Buat kalian yang sudah setia mampir ke blog ini...Jangan lupa tinggalkan jejak dikolom Komentar. Semoga dapat menggambil hikmah dan pelajaran dari setiap kejadian...Aminn...

Kalau mau review jalannya "Sepenggal Cerita Dari Desa" Langsung saja klik link dibawah ini...Terimakasih
Bagian 1
Bagian 2

By: M.F.F
(Penikmat Senja Yang Merindukan Purnama)

Comments